Komputasi bergerak telah menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis dan industri. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya untuk memungkinkan karyawan bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa harus berada di kantor fisik. Selain itu, komputasi bergerak juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan dan dukungan kepada pelanggan mereka di mana saja dan kapan saja, selama 24 jam sehari. Dalam rangka untuk memahami komputasi bergerak dengan lebih baik, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami.
Pertama-tama, pemahaman tentang teknologi jaringan nirkabel sangatlah penting. Teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G harus dipahami dengan baik. Selain itu, perlu juga dipahami bagaimana teknologi ini digunakan dalam komputasi bergerak.
Kedua, pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman tentang arsitektur perangkat lunak bergerak. Arsitektur perangkat lunak bergerak terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data. Pemahaman yang baik tentang arsitektur aplikasi bergerak akan membantu dalam membuat aplikasi bergerak yang efektif.
Ketiga, pengembangan aplikasi bergerak juga sangat penting. Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada berbagai sistem operasi. Pengembangan aplikasi bergerak yang baik akan memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik pada berbagai perangkat bergerak.
Keempat, keamanan dan privasi menjadi hal yang sangat penting dalam komputasi bergerak. Pengiriman data nirkabel dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara melindungi data dan informasi dari ancaman keamanan dan pelanggaran privasi sangat penting.
Kelima, pengelolaan sumber daya juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan aplikasi bergerak. Perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU, dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam pengembangan aplikasi bergerak untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tidak menguras sumber daya secara berlebihan.
Dalam rangka untuk memanfaatkan komputasi bergerak secara efektif, perlu dipahami beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Dengan pemahaman yang baik tentang teknologi jaringan nirkabel, arsitektur aplikasi bergerak, pengembangan aplikasi bergerak, keamanan dan privasi, serta pengelolaan sumber daya, pengguna akan dapat mengoptimalkan penggunaan komputasi bergerak untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan pelayanan kepada pelanggan.
Tanya Jawab 3
Berikut ini 10 Pertanyaan pilihan ganda dengan disertai kunci jawaban dan permbahasan yang berhasil penulis rekap dari materi pertemuan dua dan ketiga kali ini :
1. Apa yang dimaksud dengan komputasi bergerak (Mobile Computing)?
a. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara terbatas.
b. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel.
c. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer dengan koneksi kabel.
d. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer di lokasi tertentu.
Jawaban: b. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel.
Pembahasan: Komputasi bergerak (Mobile computing) merupakan konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel, sehingga pengguna dapat mengakses informasi dan layanan kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
2. Teknologi nirkabel yang umum digunakan dalam komputasi bergerak meliputi:
a. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler.
b. Wi-Fi, Bluetooth, USB, dan teknologi seluler.
c. Wi-Fi, Ethernet, NFC, dan teknologi seluler.
d. Wi-Fi, Ethernet, USB, dan teknologi seluler.
Jawaban: a. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler.
Pembahasan: Teknologi nirkabel yang umum digunakan meliputi Wi-Fi, Bluetooth, NFC, serta teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G.
3. Keuntungan dari teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak adalah...
a. Pengguna terbatas dalam mengakses informasi dan layanan.
b. Pengguna tidak dapat terhubung dengan perangkat lain.
c. Pengguna tidak dapat mentransfer data dengan mudah dan cepat.
d. Pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
Jawaban: d. Pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
Pembahasan: Keuntungan dari teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak adalah pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
4. Apa yang dimaksud dengan perangkat portabel dalam komputasi bergerak?
a. Perangkat elektronik yang hanya dapat digunakan di lokasi tertentu.
b. Perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang besar dan tidak dapat dibawa ke mana saja.
c. Perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang ringkas dan dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.
d. Perangkat elektronik yang hanya dapat digunakan untuk tugas-tugas berat.
Jawaban: c. Perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang ringkas dan dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.
Pembahasan: Portabel dalam komputasi bergerak mengacu pada kemampuan perangkat elektronik untuk dibawa ke mana saja dan kapan saja.
5. Apa keuntungan penggunaan teknologi komputasi bergerak (mobile computing) seperti telepon genggam dan tablet?
a. Kemampuan untuk mengedit dokumen berat
b. Kemampuan untuk bekerja lebih produktif
c. Mobilitas dan fleksibilitas dalam mengakses informasi dan layanan
d. Kapasitas baterai yang besar dan ukuran layar yang besar
Jawaban: c. Mobilitas dan fleksibilitas dalam mengakses informasi dan layanan.
Pembahasan: Salah satu keuntungan dari penggunaan teknologi komputasi bergerak adalah mobilitas dan fleksibilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan layanan kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh waktu dan lokasi. Perangkat portabel seperti telepon genggam dan tablet dapat dengan mudah dibawa ke mana saja, sehingga memudahkan pengguna untuk bekerja dan mengakses informasi di luar ruangan atau saat bepergian. Namun, perangkat portabel juga memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas baterai, ukuran layar, dan keterbatasan kemampuan pemrosesan. Oleh karena itu, perangkat portabel lebih cocok digunakan untuk tugas-tugas ringan dan sederhana, seperti membaca email, browsing web, atau mengedit dokumen ringan.
6. Apa yang membuat komputasi bergerak menjadi hal yang penting dalam dunia bisnis dan industri?
a. Kemampuan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim tanpa harus berada di kantor fisik
b. Kemampuan untuk membuat perusahaan lebih hemat biaya
c. Kemampuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan
d. Kemampuan untuk membuat pelanggan lebih puas dengan layanan yang diberikan
Jawaban: a. Kemampuan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim tanpa harus berada di kantor fisik.
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa komputasi bergerak memungkinkan karyawan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa harus berada di kantor fisik.
7. Apa saja teknologi nirkabel yang perlu dipahami dalam memahami komputasi bergerak?
a. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 2G, dan 3G
b. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 3G, dan 5G
c. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 4G, dan 5G
d. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 3G, 4G, dan 5G
Jawaban: d. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 3G, 4G, dan 5G.
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G harus dipahami dengan baik.
8. Apa saja lapisan yang terdapat dalam arsitektur perangkat lunak bergerak?
a. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan basis data
b. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan sistem operasi
c. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data
d. Antarmuka pengguna, sistem operasi, dan data
Jawaban: c. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa arsitektur perangkat lunak bergerak terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.
9. Apa yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan aplikasi bergerak agar dapat berjalan dengan baik pada berbagai perangkat bergerak?
a. Pengembangan aplikasi berbasis platform (platform-based)
b. Pengembangan aplikasi yang hanya terdapat pada satu sistem operasi
c. Pengembangan aplikasi berbasis cloud computing
d. Pengembangan aplikasi yang hanya dapat berjalan pada satu jenis perangkat bergerak
Jawaban: a. Pengembangan aplikasi berbasis platform (platform-based).
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada berbagai sistem operasi.
10. Apa yang menjadi hal penting dalam pengembangan aplikasi bergerak?
a. Ukuran layar perangkat
b. Kemampuan koneksi internet
c. Pengelolaan sumber daya
d. Jenis platform sistem operasi
Jawaban: c. Pengelolaan sumber daya.
Pembahasan: Dalam teks di atas, disebutkan bahwa perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU, dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam pengembangan aplikasi bergerak untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tidak menguras sumber daya secara berlebihan.
Materi pembuatan soal diambil dari materi pertemuan 2 dan 3.
SUMBER BERITA : ONLINE LEARNING UHAMKA
Best Regards,
Comments
Post a Comment