Quiz 1
Berikut ini 25 Pertanyaan pilihan ganda dengan disertai kunci jawaban dan permbahasan yang berhasil penulis rekap dari materi pertemuan dua hingga pertemuan keenam kali ini :
1. Apa yang dimaksud dengan komputasi bergerak (Mobile Computing)?
a. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara terbatas.
b. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel.
c. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer dengan koneksi kabel.
d. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer di lokasi tertentu.
Jawaban: b. Konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel.
Pembahasan: Komputasi bergerak (Mobile computing) merupakan konsep yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portabel, sehingga pengguna dapat mengakses informasi dan layanan kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
2. Teknologi nirkabel yang umum digunakan dalam komputasi bergerak meliputi:
a. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler.
b. Wi-Fi, Bluetooth, USB, dan teknologi seluler.
c. Wi-Fi, Ethernet, NFC, dan teknologi seluler.
d. Wi-Fi, Ethernet, USB, dan teknologi seluler.
Jawaban: a. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler.
Pembahasan: Teknologi nirkabel yang umum digunakan meliputi Wi-Fi, Bluetooth, NFC, serta teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G.
3. Keuntungan dari teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak adalah...
a. Pengguna terbatas dalam mengakses informasi dan layanan.
b. Pengguna tidak dapat terhubung dengan perangkat lain.
c. Pengguna tidak dapat mentransfer data dengan mudah dan cepat.
d. Pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
Jawaban: d. Pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
Pembahasan: Keuntungan dari teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak adalah pengguna dapat mengakses informasi dan layanan dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh koneksi kabel atau lokasi tertentu.
4. Apa yang dimaksud dengan perangkat portabel dalam komputasi bergerak?
a. Perangkat elektronik yang hanya dapat digunakan di lokasi tertentu.
b. Perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang besar dan tidak dapat dibawa ke mana saja.
c. Perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang ringkas dan dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.
d. Perangkat elektronik yang hanya dapat digunakan untuk tugas-tugas berat.
Jawaban: c. Perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang ringkas dan dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.
Pembahasan: Portabel dalam komputasi bergerak mengacu pada kemampuan perangkat elektronik untuk dibawa ke mana saja dan kapan saja.
5. Apa keuntungan penggunaan teknologi komputasi bergerak (mobile computing) seperti telepon genggam dan tablet?
a. Kemampuan untuk mengedit dokumen berat
b. Kemampuan untuk bekerja lebih produktif
c. Mobilitas dan fleksibilitas dalam mengakses informasi dan layanan
d. Kapasitas baterai yang besar dan ukuran layar yang besar
Jawaban: c. Mobilitas dan fleksibilitas dalam mengakses informasi dan layanan.
Pembahasan: Salah satu keuntungan dari penggunaan teknologi komputasi bergerak adalah mobilitas dan fleksibilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan layanan kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh waktu dan lokasi. Perangkat portabel seperti telepon genggam dan tablet dapat dengan mudah dibawa ke mana saja, sehingga memudahkan pengguna untuk bekerja dan mengakses informasi di luar ruangan atau saat bepergian. Namun, perangkat portabel juga memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas baterai, ukuran layar, dan keterbatasan kemampuan pemrosesan. Oleh karena itu, perangkat portabel lebih cocok digunakan untuk tugas-tugas ringan dan sederhana, seperti membaca email, browsing web, atau mengedit dokumen ringan.
6. Apa yang membuat komputasi bergerak menjadi hal yang penting dalam dunia bisnis dan industri?
a. Kemampuan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim tanpa harus berada di kantor fisik
b. Kemampuan untuk membuat perusahaan lebih hemat biaya
c. Kemampuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan
d. Kemampuan untuk membuat pelanggan lebih puas dengan layanan yang diberikan
Jawaban: a. Kemampuan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim tanpa harus berada di kantor fisik.
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa komputasi bergerak memungkinkan karyawan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa harus berada di kantor fisik.
7. Apa saja teknologi nirkabel yang perlu dipahami dalam memahami komputasi bergerak?
a. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 2G, dan 3G
b. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 3G, dan 5G
c. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 4G, dan 5G
d. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 3G, 4G, dan 5G
Jawaban: d. Wi-Fi, Bluetooth, NFC, 3G, 4G, dan 5G.
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G harus dipahami dengan baik.
8. Apa saja lapisan yang terdapat dalam arsitektur perangkat lunak bergerak?
a. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan basis data
b. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan sistem operasi
c. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data
d. Antarmuka pengguna, sistem operasi, dan data
Jawaban: c. Antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa arsitektur perangkat lunak bergerak terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.
9. Apa yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan aplikasi bergerak agar dapat berjalan dengan baik pada berbagai perangkat bergerak?
a. Pengembangan aplikasi berbasis platform (platform-based)
b. Pengembangan aplikasi yang hanya terdapat pada satu sistem operasi
c. Pengembangan aplikasi berbasis cloud computing
d. Pengembangan aplikasi yang hanya dapat berjalan pada satu jenis perangkat bergerak
Jawaban: a. Pengembangan aplikasi berbasis platform (platform-based).
Pembahasan: Dalam teks disebutkan bahwa pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada berbagai sistem operasi.
10. Apa yang menjadi hal penting dalam pengembangan aplikasi bergerak?
a. Ukuran layar perangkat
b. Kemampuan koneksi internet
c. Pengelolaan sumber daya
d. Jenis platform sistem operasi
Jawaban: c. Pengelolaan sumber daya.
Pembahasan: Dalam teks di atas, disebutkan bahwa perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU, dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam pengembangan aplikasi bergerak untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tidak menguras sumber daya secara berlebihan.
11. Dalam industri manufaktur, teknologi nirkabel dapat mempercepat proses kerja dengan cara apa?
a. Meningkatkan risiko keselamatan kerja
b. Mengurangi efisiensi kerja
c. Memungkinkan pengoperasian robot dari jarak jauh
d. Membatasi konektivitas dengan orang lain di seluruh dunia
Jawaban: c. Memungkinkan pengoperasian robot dari jarak jauh
Pembahasan: Kalimat menjelaskan bahwa dengan menggunakan jaringan nirkabel, robot dapat dioperasikan dari jarak jauh tanpa harus terhubung dengan kabel. Hal ini memungkinkan pekerjaan dapat dilakukan lebih efisien dan cepat, serta meminimalkan risiko keselamatan kerja bagi karyawan.
12. Teknologi nirkabel dapat digunakan dalam alat medis seperti apa?
a. Monitor detak jantung dan alat pengukur tekanan darah
b. Alat pemotong daging
c. Alat perekam suara
d. Alat permainan
Jawaban: a . Monitor detak jantung dan alat pengukur tekanan darah
Pembahasan: Kalimat menjelaskan bahwa teknologi nirkabel dapat digunakan dalam alat medis seperti monitor detak jantung dan alat pengukur tekanan darah yang dapat terhubung dengan smartphone atau tablet untuk memantau kesehatan secara mandiri.
13. Apa yang menjadi dampak positif penggunaan teknologi nirkabel dalam komunikasi?
a. Meningkatkan risiko keselamatan kerja
b. Meningkatkan konsumsi energi dan lingkungan
c. Membatasi konektivitas dengan orang lain di seluruh dunia
d. Memungkinkan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia tanpa batasan geografis
Jawaban: d. Memungkinkan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia tanpa batasan geografis
Pembahasan: Kalimat menjelaskan bahwa dalam dunia yang semakin terhubung ini, penggunaan teknologi nirkabel telah memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain di seluruh dunia tanpa batasan geografis.
14. Apa dampak buruk dari keamanan jaringan nirkabel yang lemah?
a. Mudah terkena serangan virus
b. Terlambat dalam mengakses internet
c. Lebih lambat dari penggunaan jaringan kabel
d. Tidak ada dampak buruk
Jawaban: a. Mudah terkena serangan virus
Pembahasan: Keamanan jaringan nirkabel yang lemah akan membuka celah bagi para peretas untuk menyerang jaringan dan menginfeksi komputer dengan virus atau malware.
15. Apa dampak buruk dari radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh jaringan nirkabel?
a. Merusak DNA manusia
b. Menyebabkan kanker pada manusia
c. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung
d. Tidak ada dampak buruk
Jawaban: b. Menyebabkan kanker pada manusia
Pembahasan: Beberapa studi menunjukkan bahwa paparan radiasi elektromagnetik dari jaringan nirkabel dapat meningkatkan risiko terkena kanker pada manusia. Namun, penelitian tentang hal ini masih terus berlangsung dan belum ada konsensus yang jelas tentang dampak jangka panjang dari radiasi elektromagnetik pada kesehatan manusia.
16. Apa perbedaan antara Model-View-Controller (MVC) dan Model-View-ViewModel (MVVM)?
a. MVC tidak memiliki lapisan ViewModel, sedangkan MVVM menambahkan lapisan ViewModel.
b. MVC memiliki lapisan ViewModel, sedangkan MVVM tidak memiliki lapisan ViewModel.
c. MVC dan MVVM sama-sama memiliki lapisan ViewModel.
d. MVC dan MVVM tidak memiliki perbedaan dalam hal lapisan arsitektur.
Jawaban: a. MVC tidak memiliki lapisan ViewModel, sedangkan MVVM menambahkan lapisan ViewModel.
Pembahasan: Arsitektur Model-View-Controller (MVC) memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen utama: model, view, dan controller. Sedangkan Model-View-ViewModel (MVVM) adalah varian dari arsitektur MVC yang menambahkan lapisan ViewModel.
17. Apa fungsi dari lapisan Controller dalam arsitektur Model-View-Controller (MVC)?
a. Bertanggung jawab untuk tampilan dan interaksi antarmuka pengguna.
b. Berfungsi sebagai jembatan antara model dan view.
c. Berisi data dan logika bisnis.
d. Tidak memiliki fungsi dalam arsitektur MVC.
Jawaban: b. Berfungsi sebagai jembatan antara model dan view.
Pembahasan: Dalam arsitektur MVC, lapisan Controller berfungsi sebagai jembatan antara model dan view.
18. Apa yang dimaksud dengan Clean Architecture?
a. Arsitektur yang memisahkan konsep bisnis inti aplikasi dari detail teknis yang mendasarinya.
b. Arsitektur yang menambahkan lapisan ViewModel pada arsitektur Model-View-Controller (MVC).
c. Arsitektur yang memanfaatkan layanan cloud untuk menyediakan backend yang terintegrasi dengan aplikasi mobile.
d. Arsitektur yang tidak memiliki lapisan presenter, use case, entity, dan repository.
Jawaban: a. Arsitektur yang memisahkan konsep bisnis inti aplikasi dari detail teknis yang mendasarinya.
Pembahasan: Clean Architecture memisahkan konsep bisnis inti aplikasi dari detail teknis yang mendasarinya. Arsitektur ini terdiri dari empat lapisan utama: presenter, use case, entity, dan repository.
19. Apa keuntungan dari penggunaan Mobile Backend as a Service (MBaaS)?
a. Memungkinkan pengembang untuk fokus pada pengembangan aplikasi depan saja.
b. Memungkinkan pengembang untuk fokus pada pengembangan backend saja.
c. Tidak memerlukan layanan cloud untuk menyediakan backend yang terintegrasi dengan aplikasi mobile.
d. Tidak memiliki keuntungan apapun dalam pengembangan aplikasi mobile.
Jawaban: a. Memungkinkan pengembang untuk fokus pada pengembangan aplikasi depan saja.
Pembahasan: Mobile Backend as a Service (MBaaS) memanfaatkan layanan cloud untuk menyediakan backend yang terintegrasi dengan aplikasi mobile. Ini memungkinkan pengembang untuk fokus pada pengembangan aplikasi depan dan memanfaatkan layanan backend yang disediakan oleh penyedia MBaaS.
20. Apa yang dimaksud dengan Reactive Programming dan apa tujuannya?
a. Merupakan jenis arsitektur mobile untuk mengorganisasi aplikasi menjadi tiga komponen utama
b. Merupakan jenis layanan cloud untuk menyediakan backend terintegrasi dengan aplikasi mobile
c. Merupakan jenis pemrograman yang memanfaatkan stream data real-time untuk membuat aplikasi yang responsif dan mudah diatur
d. Merupakan jenis arsitektur mobile yang fokus pada pemisahan konsep bisnis inti aplikasi dari detail teknis yang mendasarinya
Jawaban: c. Reactive Programming adalah jenis pemrograman yang memanfaatkan stream data real-time untuk membuat aplikasi yang responsif dan mudah diatur.
Pembahasan: Tujuannya adalah untuk membuat aplikasi yang lebih responsif dan dapat merespons perubahan data secara real-time dengan menggunakan aliran peristiwa (event stream).
21. Apa yang menjadi langkah pertama dalam merancang tampilan aplikasi bergerak?
a. Membuat wireframe aplikasi bergerak
b. Menentukan tata letak atau layout aplikasi
c. Melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini
d. Memilih warna dan desain visual yang menarik
a. Membuat wireframe aplikasi bergerak
b. Menentukan tata letak atau layout aplikasi
c. Melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini
d. Memilih warna dan desain visual yang menarik
Jawaban: c. Melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini.
Pembahasan: Langkah pertama dalam merancang tampilan aplikasi bergerak adalah melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini. Dalam tahap ini, dapat dilakukan wawancara dengan pengguna dan observasi pada pesaing atau aplikasi serupa.
22. Apa fungsi dari wireframe aplikasi bergerak?
a. Memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi
b. Menentukan warna dan desain visual yang menarik
c. Memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi
d. Meningkatkan daya tarik aplikasi
Jawaban: a. Memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi.
Pembahasan: Wireframe aplikasi bergerak berfungsi untuk memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi sebelum mulai melakukan desain yang lebih detail. Dalam tahap ini, elemen-elemen utama seperti menu, navigasi, dan fungsi aplikasi lainnya dapat direncanakan dan ditempatkan dengan baik.
23. Apa yang harus diperhatikan dalam menentukan tata letak atau layout aplikasi yang baik?
a. Warna dan desain visual yang menarik
b. Kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi
c. Kebutuhan pengguna dan pesaing
d. Sistem operasi mobile seperti iOS, Android, dan Windows
Jawaban: b. Kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi.
Pembahasan: Dalam menentukan tata letak atau layout aplikasi yang baik, yang perlu diperhatikan adalah kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Tata letak yang baik akan memudahkan pengguna untuk menemukan fungsi dan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.
24. Apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih warna dan desain visual untuk aplikasi bergerak?
a. Warna dan desain yang paling populer
b. Selera dan preferensi pribadi
c. Tema dan tujuan aplikasi
d. Warna dan desain pesaing
Jawaban: c. Tema dan tujuan aplikasi.
Pembahasan: Saat memilih warna dan desain visual untuk aplikasi bergerak, yang harus dipertimbangkan adalah tema dan tujuan aplikasi. Warna dan desain yang dipilih harus sesuai dengan tema dan tujuan aplikasi agar aplikasi memiliki kesan dan identitas yang kuat.
25. Apa yang menjadi tujuan dari riset dan analisis kebutuhan pengguna pada pengembangan aplikasi bergerak?
a. Memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi
b. Menentukan warna dan desain visual yang menarik
c. Memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi
d. Memahami kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi
Jawaban: d. Memahami kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi.
Pembahasan: Tujuan dari riset dan analisis kebutuhan pengguna pada pengembangan aplikasi bergerak adalah untuk memahami kebutuhan pengguna. Hal ini dilakukan agar pengembang dapat membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan kesuksesan aplikasi tersebut.
QUIZ ini dibuat sebagai tugas kuliah sebagaimana yang tertuang dalam : ONLINE LEARNING UHAMKA
Best Regards,
Comments
Post a Comment