Skip to main content

Tasks 6 - Pengembangan Aplikasi Bergerak Oleh : [ADI - 1903015004 - KB8B2023]

 

   

 Pengembangan aplikasi bergerak atau mobile app development adalah proses pembuatan aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan wearable device. Proses pengembangan ini melibatkan pengembangan perangkat lunak untuk berbagai sistem operasi mobile seperti iOS, Android, dan Windows. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam merancang tampilan aplikasi bergerak.

    Pertama, melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini. Dalam tahap ini, dapat dilakukan wawancara dengan pengguna dan observasi pada pesaing atau aplikasi serupa. Kedua, membuat wireframe aplikasi bergerak yang berfungsi untuk memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi.

    Ketiga, menentukan tata letak atau layout aplikasi yang baik untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Keempat, memilih warna dan desain visual yang menarik untuk meningkatkan daya tarik aplikasi. Pastikan warna dan desain yang dipilih sesuai dengan tema dan tujuan aplikasi.

    Kelima, setelah merancang tampilan aplikasi, buatlah prototipe aplikasi bergerak untuk melihat seberapa baik desain aplikasi dalam kenyataannya dan memperbaikinya jika diperlukan. Keenam, lakukan uji coba pada pengguna untuk mendapatkan umpan balik dan saran tentang tampilan aplikasi.

    Contoh penggunaan aplikasi pengembangan komputasi bergerak meliputi push email, Blackberry, taxi dispatch, dan mobile banking. 

    

    Push email adalah sistem email yang memiliki kemampuan ‘always-on’ atau selalu menyala. Sedangkan Blackberry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Taxi Dispatch adalah sebuah sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang. Terakhir, mobile banking adalah sebuah cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone atau mobile device lain, yang memungkinkan konsumen untuk melakukan login ke dalam akun dari sebuah cell phone dan kemudian menggunakan cell phone untuk melakukan pembayaran, memeriksa saldo, mentransfer uang antara akun, menghentikan pembayaran pada sebuah cek, menerima sebuah PIN baru, atau melihat statement bulanan.


Tanya Jawab 6


1. Apa yang menjadi langkah pertama dalam merancang tampilan aplikasi bergerak?

a. Membuat wireframe aplikasi bergerak

b. Menentukan tata letak atau layout aplikasi

c. Melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini

d. Memilih warna dan desain visual yang menarik

Jawaban: c. Melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini.

Pembahasan: Langkah pertama dalam merancang tampilan aplikasi bergerak adalah melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini. Dalam tahap ini, dapat dilakukan wawancara dengan pengguna dan observasi pada pesaing atau aplikasi serupa.


2. Apa fungsi dari wireframe aplikasi bergerak?

a. Memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi

b. Menentukan warna dan desain visual yang menarik

c. Memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi

d. Meningkatkan daya tarik aplikasi

Jawaban: a. Memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi.

Pembahasan: Wireframe aplikasi bergerak berfungsi untuk memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi sebelum mulai melakukan desain yang lebih detail. Dalam tahap ini, elemen-elemen utama seperti menu, navigasi, dan fungsi aplikasi lainnya dapat direncanakan dan ditempatkan dengan baik.


3. Apa yang harus diperhatikan dalam menentukan tata letak atau layout aplikasi yang baik?

a. Warna dan desain visual yang menarik

b. Kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi

c. Kebutuhan pengguna dan pesaing

d. Sistem operasi mobile seperti iOS, Android, dan Windows

Jawaban: b. Kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Pembahasan: Dalam menentukan tata letak atau layout aplikasi yang baik, yang perlu diperhatikan adalah kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Tata letak yang baik akan memudahkan pengguna untuk menemukan fungsi dan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.


4. Apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih warna dan desain visual untuk aplikasi bergerak?

a. Warna dan desain yang paling populer

b. Selera dan preferensi pribadi

c. Tema dan tujuan aplikasi

d. Warna dan desain pesaing

Jawaban: c. Tema dan tujuan aplikasi.

Pembahasan: Saat memilih warna dan desain visual untuk aplikasi bergerak, yang harus dipertimbangkan adalah tema dan tujuan aplikasi. Warna dan desain yang dipilih harus sesuai dengan tema dan tujuan aplikasi agar aplikasi memiliki kesan dan identitas yang kuat.


5. Apa yang menjadi tujuan dari riset dan analisis kebutuhan pengguna pada pengembangan aplikasi bergerak?

a. Memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi

b. Menentukan warna dan desain visual yang menarik

c. Memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi

d. Memahami kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi

Jawaban: d. Memahami kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi.

Pembahasan: Tujuan dari riset dan analisis kebutuhan pengguna pada pengembangan aplikasi bergerak adalah untuk memahami kebutuhan pengguna. Hal ini dilakukan agar pengembang dapat membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan kesuksesan aplikasi tersebut.


6. Apa yang dimaksud dengan push email?

a. Sistem email yang selalu menyala

b. Perangkat genggam nirkabel

c. Sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang

d. Cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone

Jawaban: a. Sistem email yang selalu menyala

Pembahasan: Push email adalah sistem email yang selalu menyala atau memiliki kemampuan 'always-on'.


7. Apa yang dimaksud dengan Blackberry?

a. Sistem email yang selalu menyala

b. Perangkat genggam nirkabel

c. Sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang

d. Cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone

Jawaban: b. Perangkat genggam nirkabel

Pembahasan: Blackberry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.


8. Apa yang dimaksud dengan Taxi Dispatch?

a. Sistem email yang selalu menyala

b. Perangkat genggam nirkabel

c. Sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang

d. Cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone

Jawaban: c. Sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang

Pembahasan: Taxi Dispatch adalah sebuah sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang.


9. Apa yang dimaksud dengan mobile banking?

a. Sistem email yang selalu menyala

b. Perangkat genggam nirkabel

c. Sistem yang menghubungkan antara mobil taksi, operator, atau server dan calon penumpang

d. Cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone

Jawaban: d. Cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone

Pembahasan: Mobile banking adalah sebuah cara untuk konsumen melakukan transaksi banking dengan menggunakan cell phone atau mobile device lain.


10. Apa yang perlu dilakukan setelah merancang tampilan aplikasi bergerak?

a. Melakukan riset dan analisis kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini

b. Membuat wireframe aplikasi bergerak

c. Menentukan tata letak atau layout aplikasi yang baik

d. Membuat prototipe aplikasi bergerak dan melakukan uji coba pada pengguna

Jawaban: d. Membuat prototipe aplikasi bergerak dan melakukan uji coba pada pengguna

Pembahasan: Setelah merancang tampilan aplikasi bergerak, langkah selanjutnya adalah membuat prototipe aplikasi bergerak dan melakukan uji coba pada pengguna untuk mendapatkan umpan balik dan saran tentang tampilan aplikasi.


SUMBER BERITA & MATERI ONLINE LEARNING UHAMKA
Best Regards,



Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.